Anggaran Sekretariat DPRD DKI Naik 100 Persen, Anies: Untuk Kesejahteraan Rakyat Gak Boleh Hemat!

Berita Harian – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Mangatakan mengenai Anggaran Sekretariat Dewan pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2018 sebesar Rp 346 miliar. Anies menganggap bahwa anggaran tersebut di gunakan untuk wakil rakyat agar bekerja lebih giat demi kesejahteraan rakyat. Kenaikan 100 persen itu merupakan anggaran untuk SKPD Kesekretariatan Dewan sekaligus anggota DPRD DKI Jakarta.

Anies juga menuturkan bahwa Sila dalam pancasila yaitu sila ke-4 menyatakan “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan”. Arti nya adalah yang memimpin Rakyat harus hidup sejahtera baru rakyatnya bisa sejahtara” ucap anies.

Anggaran Sekretariat DPRD DKI Naik 100 Persen

Dalam situs apbd.jakarta.go.id pada Senin (20/11/2017), anggaran Sekretariat Dewan hanya sebesar Rp 126 miliar pada Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) 2018. Setelah dibahas dengan DPRD DKI Jakarta, anggarannya menjadi Rp 346 miliar. Artinya, terdapat penebalan anggaran hingga lebih dari 100 persen.

Baca juga: Nilai Program Ahok tak Efektif, Anies Bangun Jakarta dengan Pendekatan Gerakan

Jumlah kegiatannya pun bertambah dari 83 kegiatan menjadi 85 kegiatan. Saat dilihat satu per satu, tambahan kegiatannya adalah anggaran “Pembuatan Buku Profil Pimpinan dan Anggota Dewan” sebesar Rp 218 juta dan anggaran “Penunjang Kehadiran Rapat bagi pimpinan dan Anggota DPRD” sebesar Rp 16 miliar.

“Dengan banyak nya kegiatan yang dilakukan para Anggota Dewan, akan di pastikan dapat memiliki banyak  solusi untuk merubah Jakarta yang lebih baik lagi” tutur Anies.

Selain dua tambahan kegiatan baru, kegiatan lainnya mengalami penambahan-penambahan anggaran.

Baca juga: Daftar Lembaga hingga Ormas yang Akan Dapat Kucuran Dana Hibah dari Anies-Sandi, Ada yang Sampai 6 M

Anggaran ini masih dalam bentuk RAPBD DKI 2018. Masih ada tahap pembahasan dengan DPRD DKI terlebih dahulu untuk memastikan anggaran ini masuk dalam APBD 2018.

Pekan ini, rencananya DPRD DKI akan memulai pembahasan RAPBD itu. Total RAPBD DKI 2018 sebesar Rp 77,1 triliun. Meski terbilang besar jumlah APBD 2018, namun Anies tidak mempermasalahkan nya, ” terpenting adalah APBD DKI Jakarta dibagi secara merata. ” Untuk kesejahteraan Rakyat ya gak boleh hemat!” Tutup Anies.

Facebook Comments